Langkah langkah menyetel katup

Langkah-langkah om Menyetel Katup :
1. Tempatkan Silinder 1 pada posisi TMA / akhir langkah
kompresi melalui ciri-ciri sebagai berikut :
Melihat tanda di Pulley/Roda gila(Flywell)
Untuk mesin umumnya sudah disertakan tanda TDC
yaitu biasanya tanda pada pulley harus lurus dengan
angka NOL (0) pada body mesin, atau yang berada pada
roda gila tanda angka NOL/ huruf T harus lurus dengan
tanda pada body.
Melihat posisi nok as / noken as (cam shaft)
 Mentopkan Engine
Nok as pada silinder yang TDC posisi roker arm kondisi
bebas/ renggang tidak menekan batang valve. Periksa
kerengangan batang valve/conecting rod dengan
membuka lubang pemasukan oli di tutup kepala
silinder, kemudian memasukan jari tangan untuk
memastikan memutarnya batang valve.
Melihat arah rotor distributor.
Untuk Setting timing yang sudah benar bisa juga di lihat
dari arah rotor distributor, apabila mengarah ke busi
no.2 (saat tutup distributor dilepas) atau kabel busi no.1
(saat tutup distributor dipasang) berarti top silinder 1.
2. Longgarkan baut penyetel katup
3. Stel Klep 1-2-3-5 dengan menggunakan Feeler Gauge
ukuran :
- intake : 0,20 mm
- exhaust : 0,30 mm
Sisipkan feeler gauge antara rocker arm dengan batang
katup. Setelah didapat celah yang tepat kunci kembali
baut penyetel klep Menyetel Katup
4. Putar Kembali Pulley 360 o atau satu putaran (kembali bh
ke 0o )
5. Stel katup no. 4-6-7-8 lakukan cara seperti td.

Komentar