Buat baca-baca biar mata tambah ngantuk.. ðŸ¤
Infodariwaroengsebelah
Penggunaan konfigurasi header
Konfigurasi header 4-2-1
Konfigurasi ini lebih ditujukan untuk mengejar torsi sehingga lebih cocok untuk mobil harian, tanjakan dan beban berat powerpun berada pada puncaknya pada RPM lebih rendah sehingga tidak perlu menekan gas lebih dalam untuk mencapai puncak performa mobil…. Jadi wajar jika konsumsi bensin lebih irit.
Kelebihan dari modifikasi header 4-2-1 ini sendiri adalah karakternya bertorsi lebih lembut dan responsif cocok untuk jalanan yang sedikit macet dan juga tidak perlu memecut gas sampai RPM tinggi untuk mengeluarkan suara “ngeblar”nya. Header knalpot dengan mode modifikasi 4-2-1 suaranya bisa lebih maksimal jika RPM masih di bawah 3 ribuan sudah cukup mendapatkan untuk torsinya dan secara tidak langsung akan mengirit konsumsi bahan bakar minyak walau si knalpot sudah di modifikasi.
Kekurangan dari memodifikasi dengan 4-2-1 adalah hanya saja anda harus lebih teliti memilih bengkel knalpot yang sudah ahli pada modifikasi knalpot dengan mode 4-2-1. Jika tidak, bisa di pastikan mobil anda akan down alias tidak ada tenaga sama sekali pada posisi RPM tinggi.
Konfigurasi ini lebih cocok untuk yang gemar balapan… power yang dihasilkan lebih tinggi. Mantab jika mobil sering di sirkuit. konsekwensinya konsumsi bensin lebih boros karena puncak performa ada pada RPM yang jauh lebih tinggi… Begitu juga performanya di tanjakan akan berkurang seperti halnya saat mobil membawa beban berat.
Konfigurasi 4-1
Kelebihan dari memodifikasi knalpot dengan mode 4-1 adalah suara yang di timbulkan akan lebih sedikit sangar karena dengan mode knalpot 4-1 anda baru bisa mendapatkan torsi yang maksimal saat mobil anda berada pada RPM yang tinggi.
Kekurangan dari modifikasi knalpot dengan mode 4-1 mobil akan sedikit boros bahan bakar minyak karena karakternya gas harus di pecut terus menerus agar tidak ngempos pada RPM rendah, umumnya untuk mencapai torsi yang maksimal pada modifikasi knalpot dengan mode 4-1 minimal RPM mobil harus 4 ribu baru akan mendapatkan torsi yang maksimal dan secara tidak langsung ini akan membuat bahan bakar minyak sedikit boros jika di bandingkan dengan modifikasi mode 4-2-1, modifikasi header dengan mode 4-1 hanya dapat di lakukan pada mobil yang menggunakan mesin 4 silinder.
Konfigurasi 4-2-2
Header 4-2-2, header ini merupakan header modifikasi yang diharapkan menghasilkan suara stereo dan performa tarikan bawah menjadi lebih enak
Apakah berarti konfigurasi knalpot 4-2-1 punya speed lebih rendah dibanding 4-1?
berdasarkan beberapa sumber plus hasil wawancara dengan pengasuh www.seputarharapanindah.com praktisi roda 4 dan kebetulan masih sodaraan sama SF 🙂 . hal tersebut belum tentu terjadi. karena grafik tenaga 4-2-1 akan turun melandai setelah puncaknya, berbeda dengan 4-1 yang grafik tenaganya turun curam selepas peak power. artinya 4-1 lebih cepat mencapai top speed dibanding 4-2-1 yang perlahan namun pasti.
KESIMPULAN NYA
Karakteristik header dengan konfigurasi 4-2-1 ini dapat menghasilkan tenaga tarikan bawah yang lebih bagus. dan konfugurasi seperti ini sangat cocok bagi mobil yang dipakai untuk sehari-hari.
Sedangkan header dengan model 4-1, yaitu header yang langsung menggabungkan keempat saluran langsung menjadi satu. Header dengan konfigurasi seperti ini lebih bagus pada peningkatan top speed alias pada tarikan atasnya, dan ini sangat cocok bagi anda penggembar balapan.
jadi mana yang lebih baik? tergantung penggunaannya 🙂
sumber : 1.http://www.modifikasi.com/showthread.php/2531-REVIEW-Header-4-1-amp-Header-4-2-1-yang-sama-panjang
2.http://m.gtracingknalpot.com/news/48/Header-Mobil
Infodariwaroengsebelah
Penggunaan konfigurasi header
Konfigurasi header 4-2-1
Konfigurasi ini lebih ditujukan untuk mengejar torsi sehingga lebih cocok untuk mobil harian, tanjakan dan beban berat powerpun berada pada puncaknya pada RPM lebih rendah sehingga tidak perlu menekan gas lebih dalam untuk mencapai puncak performa mobil…. Jadi wajar jika konsumsi bensin lebih irit.
Kelebihan dari modifikasi header 4-2-1 ini sendiri adalah karakternya bertorsi lebih lembut dan responsif cocok untuk jalanan yang sedikit macet dan juga tidak perlu memecut gas sampai RPM tinggi untuk mengeluarkan suara “ngeblar”nya. Header knalpot dengan mode modifikasi 4-2-1 suaranya bisa lebih maksimal jika RPM masih di bawah 3 ribuan sudah cukup mendapatkan untuk torsinya dan secara tidak langsung akan mengirit konsumsi bahan bakar minyak walau si knalpot sudah di modifikasi.
Kekurangan dari memodifikasi dengan 4-2-1 adalah hanya saja anda harus lebih teliti memilih bengkel knalpot yang sudah ahli pada modifikasi knalpot dengan mode 4-2-1. Jika tidak, bisa di pastikan mobil anda akan down alias tidak ada tenaga sama sekali pada posisi RPM tinggi.
Konfigurasi ini lebih cocok untuk yang gemar balapan… power yang dihasilkan lebih tinggi. Mantab jika mobil sering di sirkuit. konsekwensinya konsumsi bensin lebih boros karena puncak performa ada pada RPM yang jauh lebih tinggi… Begitu juga performanya di tanjakan akan berkurang seperti halnya saat mobil membawa beban berat.
Konfigurasi 4-1
Kelebihan dari memodifikasi knalpot dengan mode 4-1 adalah suara yang di timbulkan akan lebih sedikit sangar karena dengan mode knalpot 4-1 anda baru bisa mendapatkan torsi yang maksimal saat mobil anda berada pada RPM yang tinggi.
Kekurangan dari modifikasi knalpot dengan mode 4-1 mobil akan sedikit boros bahan bakar minyak karena karakternya gas harus di pecut terus menerus agar tidak ngempos pada RPM rendah, umumnya untuk mencapai torsi yang maksimal pada modifikasi knalpot dengan mode 4-1 minimal RPM mobil harus 4 ribu baru akan mendapatkan torsi yang maksimal dan secara tidak langsung ini akan membuat bahan bakar minyak sedikit boros jika di bandingkan dengan modifikasi mode 4-2-1, modifikasi header dengan mode 4-1 hanya dapat di lakukan pada mobil yang menggunakan mesin 4 silinder.
Konfigurasi 4-2-2
Header 4-2-2, header ini merupakan header modifikasi yang diharapkan menghasilkan suara stereo dan performa tarikan bawah menjadi lebih enak
Apakah berarti konfigurasi knalpot 4-2-1 punya speed lebih rendah dibanding 4-1?
berdasarkan beberapa sumber plus hasil wawancara dengan pengasuh www.seputarharapanindah.com praktisi roda 4 dan kebetulan masih sodaraan sama SF 🙂 . hal tersebut belum tentu terjadi. karena grafik tenaga 4-2-1 akan turun melandai setelah puncaknya, berbeda dengan 4-1 yang grafik tenaganya turun curam selepas peak power. artinya 4-1 lebih cepat mencapai top speed dibanding 4-2-1 yang perlahan namun pasti.
KESIMPULAN NYA
Karakteristik header dengan konfigurasi 4-2-1 ini dapat menghasilkan tenaga tarikan bawah yang lebih bagus. dan konfugurasi seperti ini sangat cocok bagi mobil yang dipakai untuk sehari-hari.
Sedangkan header dengan model 4-1, yaitu header yang langsung menggabungkan keempat saluran langsung menjadi satu. Header dengan konfigurasi seperti ini lebih bagus pada peningkatan top speed alias pada tarikan atasnya, dan ini sangat cocok bagi anda penggembar balapan.
jadi mana yang lebih baik? tergantung penggunaannya 🙂
sumber : 1.http://www.modifikasi.com/showthread.php/2531-REVIEW-Header-4-1-amp-Header-4-2-1-yang-sama-panjang
2.http://m.gtracingknalpot.com/news/48/Header-Mobil
Komentar
Posting Komentar