Hal yg harus di cek ketika mesin demam dari om hery efendi

Sesuai janji... artikel soal demam..

Jangan melulu salahkan thermostat

Jika mobil terpasang thermostat dan kemudian demam jgn selalu thermostat jd sasaran.

Pastikan tidak ada kebocoran kompresi dari ruang bakar/packing deksel/cylinder head. Biasanya ditandai ada buih di radiator atau tandon air radiator penuh tapi di dalam radiator air berkurang. Bisa juga dgn cara pakek botol aqua diisi separo trs di balik di mulut radiator. Kalo di stater ada angin berarti kompresi bocor.

Kalo cylinder head aman tp demam bisa lakukan langkah berikut.

1. Pastikan thermostat berfungsi, caranya ya di rebus. Sebelum mendidih terbuka lalu matikan kompor dan tunggu menutup.Jika thermostat rusak ya beli baru.

2. Jika masih demam pindah ke radiator, cek dan korok ke tukang radiator biar saluran kecil"nya lancar. Tenang radiator kijang masih bisa di servis.

3. Masih demam juga pindah ke water pump/pompa air nya. Tempatnya di belakan kipas. Kalo sdh keropos dan bocor ya waktunya ganti. Jd kalo rusak ya ganti gak bisa di perbaiki.

4. Masih demam, pindah ke kipas. Kipas nya normal gak? Kalo sdh pakek rumah tawon berarti sdh viscous fan pakek olie, jika panas dia muter. Coba bawa ke bengkel atau bongkar sendiri kalo bisa. Intinya di perbaiki biar normal.

5. Masih demam juga.. ke Auto2000 bawa BPKB tukar tambah mobilnya.

Thermostat penting... dan mesin rusak karena kehabisan air perbaikannya lebih banyak dari pada kehabisan olie.

Dan jangan lupa selama mengemudi selalu rutin cek temperatur mesin. Temperatur normal mobil pakai thermostat adalah sperempat sampai di bawah separo.

Kalo ngebut tanpa AC jarum temperatur di C / mentok dibawah pasti thermostat dilepas.

Komentar