Murni artikel dr modifikasi.com
NGK Iridium vs NGK Iridium
Denso Iridium itu beda sendiri dia,,, karena pakai Iridium Alloy yg salah satu komponen utamanya adalah Rhodium, simple nya Iridium + Rhodium. Karena inilah Diameter Center Electrode Denso Iridium bisa 0,4 mm, saat ini terkecil di dunia.
Disusul Volker Iridium yang bisa bikin 0,5 mm, sedangkan NGK masih di 0,6 mm.
Itu (Iridium + Rhodium) gk bisa dilakukan NGK dan produsen Busi Iridium lain, karena sudah dipatenkan oleh Denso, jika ada berarti bayar royalti untuk pemakaian paten itu, biasanya harganya lebih mahal dari Denso dan tidak bisa bikin 0,4 mm, tapi yg jelas NGK tidak.
Oh ya, karena Rhodium memiliki nilai Resistensi lebih rendah dari Iridium (Electrical Resistance), maka ketika Rhodium dicampur ke Iridium akan meningkatkan kemampuan Daya Hantar Listrik nya gan,,, Busi iridum jangan cuma soal Melting Point aja ya, yg lebih penting justru Electrical Resistance.
Selain itu, Patent Denso lainnya ada U-Groove Ground Electrode (yg membuat Gap busi bisa lebih dekat, kalau yg biasa 0,9 mm, nah U-Groove bisa 0,8 mm) dan Slant Ground Electrode, nah ini NGK juga tidak.
Sisanya selain itu semua, Densi dan NGK sama,,,,
Nah patent-paten itu yg bikin Denso beda sendiri gan, bisa dikatakan Denso adalah produsen spesialis busi iridium terbaik di dunia saat ini.
Tapi semua itu juga membawa kelemahan,,,
Denso Iridium dengan Diameter 0,4 mm usia pakainya lebih singkat dari yang 0,5 mm ke atas, yakni sekitar cuma 15.000 KM saja, jangan kaget , ini pihak Denso sendiri yg bilang, link ada di: http://www.globaldenso.com/en/produc...dium/qa_6.html
Makanya Busi Iridium OEM gk mau pake 0,4 mm, OEM selalu pakai minimal 0,7 mm dan harus pakai Platinum Tip di Ground Electrode agar masa pakai bisa minimal 100.000 KM.
Busi Iridium yang menggunakan Diameter Center Electrode 0,6 mm dan pakai Platinum Tip usia pakainya hanya 40.000 KM.
Tapi usia pakai diatas hanya untuk Maximum Performance, diatas itu masih bisa dipakai, tapi performance tidak akan maksimal. Maksudnya bukan lantas busi jadi mati gk bisa dipake lagi jika sudah dipakai sejauh jarak yg disebut diatas.
Kekurangan Denso adalah Variant Desain Busi yang sedikit, tidak seperti NGK.
Misalnya Denso Iridium Power IU Series untuk Sepeda Motor, itu cuma tersedia Non-Projected Insulator, sedangkan NGK C Series tersedia baik itu Non-Projected Insulator maupun Projected Insulator.
Kondisi optimum Busi
Denso Iridium Power = 15.000 KM
Denso Iridium Tough = 100.000 KM
NGK Iridium IX = 60.000 KM
NGK Iriidium Laser = 100.000 KM
NGK Iridium Max = 100.000 KM
Banyak yg kaget pas ane kasih tau Denso Iridium Power itu 15.000 KM, gk percaya buka sendiri F.A.Q nya Global Denso, klik http://www.globaldenso.com/en/products/aftermarket/plug/qa/iridium/qa_6.html
Syarat mutlak agar bisa 100.000 KM adalah pakai Tip Platinum di Side Electrode, dan Diameter Center Electrode minimal 0,6 mm paling kecil.
0,4 mm, gk pake Platinum Tip ? 15.000 KM
0,6 mm, gk pake Platinum Tip ? 60.000 KM
Banyak bacot Marketing bertebaran kalau Denso Iridium Power bisa dipakai hingga 100.000 KM, hehe,,, iya bisa aja, tapi gk optimal, dan feeling kita gk bakal sadar,,,
Sama aja kayak Busi Nickel yg optimalnya 8000 KM bisa aja dipake lebih dari 10.000 KM, tapi gk optimal,,
Dan kekurangan Denso Iridium Power yg paling krusial adalah pada varian IU Series yang hanya tersedia tipe Non Projected Insulator, sedangkan motor-motor saat ini di Indonesia pakai Projected Insulator, misal NGK CPR7EA-9, kalo pakai Denso Iridium Power IU-22 Non Projected Insulator, banyak dampak negatif nya,,,
Semoga kita gk mudah menjawab "Aaah sama saja",,, soalnya kita ini di Forum Online,,, bukan di Toko Onderdil,,,
Kesimpulan dari ane:
Kalo nyari Performance daripada masa pakai yg lamaaa,,, pilih Denso,,,
Kalo sebaliknya nyari masa pakai yg lamaa meski performance gk sebaik Denso, pilih NGK atau Busi Iridium lain yang Diameter Iridiumnya diatas 0,5 mm, paling awet itu 0,7 mm dan disertai Platinum Tip di Ground Electrode.
Tapi sependek-pendeknya umur busi Iridium, masih lebih panjang dari Busi Nickel dan Platium gan, jangan khawatir,,,
Sehingga Busi Iridium Denso sering diidentikan dengan Busi Dingin, yang dijadikan penyebab malah Iridiumnya, padahal karena Insulatornya mendem alias Non-Projected.
Oh ya, Busi Iridium kalo mixture bensin gk disetting, dan terjadi dry carbon fouling, usia busi bisa pendek,,, ane pernah kejadian Denso Iridium Power cuma enak dipake 5000 KM, alias busi jadi lemah,,, karena ane teledor, lupa adjust mixture, jadinya busi hitam,, short deh dan busi jadi lemah.
NGK Iridium vs NGK Iridium
Denso Iridium itu beda sendiri dia,,, karena pakai Iridium Alloy yg salah satu komponen utamanya adalah Rhodium, simple nya Iridium + Rhodium. Karena inilah Diameter Center Electrode Denso Iridium bisa 0,4 mm, saat ini terkecil di dunia.
Disusul Volker Iridium yang bisa bikin 0,5 mm, sedangkan NGK masih di 0,6 mm.
Itu (Iridium + Rhodium) gk bisa dilakukan NGK dan produsen Busi Iridium lain, karena sudah dipatenkan oleh Denso, jika ada berarti bayar royalti untuk pemakaian paten itu, biasanya harganya lebih mahal dari Denso dan tidak bisa bikin 0,4 mm, tapi yg jelas NGK tidak.
Oh ya, karena Rhodium memiliki nilai Resistensi lebih rendah dari Iridium (Electrical Resistance), maka ketika Rhodium dicampur ke Iridium akan meningkatkan kemampuan Daya Hantar Listrik nya gan,,, Busi iridum jangan cuma soal Melting Point aja ya, yg lebih penting justru Electrical Resistance.
Selain itu, Patent Denso lainnya ada U-Groove Ground Electrode (yg membuat Gap busi bisa lebih dekat, kalau yg biasa 0,9 mm, nah U-Groove bisa 0,8 mm) dan Slant Ground Electrode, nah ini NGK juga tidak.
Sisanya selain itu semua, Densi dan NGK sama,,,,
Nah patent-paten itu yg bikin Denso beda sendiri gan, bisa dikatakan Denso adalah produsen spesialis busi iridium terbaik di dunia saat ini.
Tapi semua itu juga membawa kelemahan,,,
Denso Iridium dengan Diameter 0,4 mm usia pakainya lebih singkat dari yang 0,5 mm ke atas, yakni sekitar cuma 15.000 KM saja, jangan kaget , ini pihak Denso sendiri yg bilang, link ada di: http://www.globaldenso.com/en/produc...dium/qa_6.html
Makanya Busi Iridium OEM gk mau pake 0,4 mm, OEM selalu pakai minimal 0,7 mm dan harus pakai Platinum Tip di Ground Electrode agar masa pakai bisa minimal 100.000 KM.
Busi Iridium yang menggunakan Diameter Center Electrode 0,6 mm dan pakai Platinum Tip usia pakainya hanya 40.000 KM.
Tapi usia pakai diatas hanya untuk Maximum Performance, diatas itu masih bisa dipakai, tapi performance tidak akan maksimal. Maksudnya bukan lantas busi jadi mati gk bisa dipake lagi jika sudah dipakai sejauh jarak yg disebut diatas.
Kekurangan Denso adalah Variant Desain Busi yang sedikit, tidak seperti NGK.
Misalnya Denso Iridium Power IU Series untuk Sepeda Motor, itu cuma tersedia Non-Projected Insulator, sedangkan NGK C Series tersedia baik itu Non-Projected Insulator maupun Projected Insulator.
Kondisi optimum Busi
Denso Iridium Power = 15.000 KM
Denso Iridium Tough = 100.000 KM
NGK Iridium IX = 60.000 KM
NGK Iriidium Laser = 100.000 KM
NGK Iridium Max = 100.000 KM
Banyak yg kaget pas ane kasih tau Denso Iridium Power itu 15.000 KM, gk percaya buka sendiri F.A.Q nya Global Denso, klik http://www.globaldenso.com/en/products/aftermarket/plug/qa/iridium/qa_6.html
Syarat mutlak agar bisa 100.000 KM adalah pakai Tip Platinum di Side Electrode, dan Diameter Center Electrode minimal 0,6 mm paling kecil.
0,4 mm, gk pake Platinum Tip ? 15.000 KM
0,6 mm, gk pake Platinum Tip ? 60.000 KM
Banyak bacot Marketing bertebaran kalau Denso Iridium Power bisa dipakai hingga 100.000 KM, hehe,,, iya bisa aja, tapi gk optimal, dan feeling kita gk bakal sadar,,,
Sama aja kayak Busi Nickel yg optimalnya 8000 KM bisa aja dipake lebih dari 10.000 KM, tapi gk optimal,,
Dan kekurangan Denso Iridium Power yg paling krusial adalah pada varian IU Series yang hanya tersedia tipe Non Projected Insulator, sedangkan motor-motor saat ini di Indonesia pakai Projected Insulator, misal NGK CPR7EA-9, kalo pakai Denso Iridium Power IU-22 Non Projected Insulator, banyak dampak negatif nya,,,
Semoga kita gk mudah menjawab "Aaah sama saja",,, soalnya kita ini di Forum Online,,, bukan di Toko Onderdil,,,
Kesimpulan dari ane:
Kalo nyari Performance daripada masa pakai yg lamaaa,,, pilih Denso,,,
Kalo sebaliknya nyari masa pakai yg lamaa meski performance gk sebaik Denso, pilih NGK atau Busi Iridium lain yang Diameter Iridiumnya diatas 0,5 mm, paling awet itu 0,7 mm dan disertai Platinum Tip di Ground Electrode.
Tapi sependek-pendeknya umur busi Iridium, masih lebih panjang dari Busi Nickel dan Platium gan, jangan khawatir,,,
Sehingga Busi Iridium Denso sering diidentikan dengan Busi Dingin, yang dijadikan penyebab malah Iridiumnya, padahal karena Insulatornya mendem alias Non-Projected.
Oh ya, Busi Iridium kalo mixture bensin gk disetting, dan terjadi dry carbon fouling, usia busi bisa pendek,,, ane pernah kejadian Denso Iridium Power cuma enak dipake 5000 KM, alias busi jadi lemah,,, karena ane teledor, lupa adjust mixture, jadinya busi hitam,, short deh dan busi jadi lemah.
Komentar
Posting Komentar